Wisata Goa Cerme, Harga Tiket, Akses, Aktivitas

Goa Cerme – Tempat wisata di Yogya selain pantai, ada banyak gua. Sebuah gua yang harus dikunjungi adalah Goa Cerme. Gua Cerme tidak hanya menyajikan keindahan alam, tetapi juga sejarah di dalamnya.

Bagi wisatawan yang benar-benar ingin bersenang-senang dan wisata keagamaan di Jogja? Goa Cerme adalah jawabannya. Goa, yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, pernah menjadi tempat pertemuan para santa di pulau Jawa untuk membahas dan menegosiasikan dakwah Islam dan mendiskusikan pendirian Masjid Agung Demak.

Gua Cerme terletak di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut. Untuk menuju ke gua ini, jalan aksesnya cukup berat. Jalanan yang berliku-liku berukuran kecil dan lokasi pegunungan yang masih asri menjadi sensasi tersendiri bagi wisatawan.

Gua Cerme tidak hanya menawarkan keindahan alami stalaktit dan stalagmit serta keberadaan sungai bawah tanah. Namun, gua, yang panjangnya sekitar 1,5 km, menembus Kabupaten Gunungkidul, juga menawarkan kekuatan mistis. Karena gua ini, masih digunakan untuk ritual pertapa oleh orang-orang yang datang untuk tujuan tertentu.

Akses ke pariwisata di Goa Cerme

Bagi Anda wisatawan yang meninggalkan kota Yogyakarta, Anda dapat pergi ke Terminal Giwangan. Kemudian menuju ke East Imogiri Street, di sepanjang jalan Anda akan menemukan tanda Goa Cerme.

Setelah melewati air terjun gua Selopamioro, Anda akan menemukan lereng yang cukup curam. Karena itu, gunakan kendaraan premium. Jika tidak, Anda akan menemui kesulitan di tengah jalan, yang cukup tenang dan sunyi.

Anda juga dapat mencapai rute Goa Cerme dengan transportasi umum. Dari terminal Giwangan, pilihlah untuk naik transportasi umum di rute Jogja-Imogiri-Cerme. Setelah itu, terus berjalan ke pintu masuk Goa Cerme. Disarankan untuk tiba di lokasi gua hanya di pagi hari. Alasannya adalah jika Anda tiba di atas 14.00 WIB, pengelola gua Cerme akan lebih memikirkan untuk memberikan layanan panduan kepada wisatawan, karena perjalanan di dalam gua membutuhkan banyak waktu dan banyak energi ekstra.

Harga tiket

Retiribusi untuk memasuki gua ini adalah Rp. 3.000 rupee termasuk asuransi untuk Rp. 250. Untuk layanan pemandu yang dikelola penduduk sekitar Rp. Rs 50.000 untuk grup kurang dari 15 orang. Untuk 15 orang dan lebih, per orang adalah Rp. 4 ribu rupee.

Aktivitas di Goa Cerme

  • Gua kecil.

Di dalam Gua Cerme Anda juga dapat menemukan gua-gua kecil lainnya. Bentuk dan nama masing-masing gua juga bervariasi menurut: Gedung Sekakap dan Watu Gilang. Ada juga Grojogan Sewu, Watu Gantung, Gedung Sekakap, Kraton, Lumbung Padi, Air Suci, dan Air Kutipan dan lainnya.

  • sungai bawah tanah

Di gua Cerme, sungai ini sangat berbeda dengan sungai pada umumnya. Gua ini memiliki sungai bawah tanah yang unik yang airnya sangat jernih. Sungai bawah tanah di sini adalah salah satu tempat wisata yang cukup langka dan unik. Tetapi Anda tidak boleh memasuki Gua saat musim hujan karena akan meningkatkan volume aliran air sungai, yang bisa berbahaya.

  • Tempat reflektif

Daya tarik lain dari gua ini adalah aura mistis yang tidak dapat dipungkiri sama sekali. Menariknya, pengunjung sendiri dapat merasakan aura ketika mereka pertama kali memasuki Goa. Karena itu, tempat ini sering dijadikan tempat meditasi.

Demikian artikel tentang Goa Cerme. Semoga artikel ini bermanfaat. Itu saja dan terima kasih. Untuk informasi, ada info Paket Wisata Jogja yang bisa kamu lihat di TripJogja.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *